Berbagai Kuliner Jogja Yang Wajib Untuk Dicoba - sejalur
News Update
Loading...

Selasa, 17 November 2020

Berbagai Kuliner Jogja Yang Wajib Untuk Dicoba

Jogja adalah salah satu kota yang memiliki banyak wisata, juga wisata kuliner. Kuliner Jogja adalah salah satu yang paling banyak ingin dicicipi oleh pemburu wisata kuliner. Karena, selain pilihannya yang beragam, juga karena berbagai kuliner di kota ini memiliki cita rasa yang katanya mampu menggoyang lidah.

Tidak hanya karena memiliki tempat wisata yang indah dan menarik, Kota istimewa Jogjakarta juga terkenal dengan kesedarhanaanya, dan keramahannya. Karena itu, wajar jika banyak wisatawan memilih untuk berlibur ke Jogjakarta. Vibes kesederhanaan dan masyarakat yang ramah, membuat turis lokal maupun luar negeri merasa nyaman dan betah.

Karena wisata kuliner Jogja amat terkenal memiliki citarasa yang menggiurkan,  jadi, saat mampir ke Jogja jangan lupa untuk mencicipi berbagai kulinernya ya. Nah, untuk kamu yang ingin mencoba berbagai kuliner khas kota Jogja, berikut ini adalah beberapa rekomendasi dari kami

1.    Sate Klatak

Sate klathak merupakan salah satu makanan khas kota Jogja yang mana makanan ini terbuat dari daging kambing. Lebih tepatnya, makanan ini merupakan hidangan khas Pleret Bantul. Yang membuat sate  ini berbeda dengan sate kebanyakan adalah, dari segi bumbu. Sate Klathak hanya dibumbui dengan lada dan garam, dan kemudian ditusuk menggunakan besi.

Salah satu yang membuat makanan ini cukup banyak dikenal adalah, karena makanan ini sempat masuk dalam salah satu scene film AADC 2. Bagi kamu yang ingin menikmati sate klathak dengan lebih nikmat, maka cobalah untuk menyantapnya bersama gulai yang gurih dan lezat. Dikarenakan merupakan makanan khas maka untuk menemukannya cukup mudah, selain itu harganya juga terjangkau, yakni sekitar Rp 25.000,- saja.

2.    Gudeg Pawon

Siapa sih yang tidak tahu gudeg? Tentunya kalian tahukan makanan yang satu ini? Ya, gudeg adalah makanan Jogja yang paling ternama di seluruh penjuru negeri, bahkan juga luar negeri. Makanan ini telah hadir sejak puluhan tahun lalu, dan ternyata masih tetap menjadi favorit banyak orang hingga saat ini lho.

Salah satu gudeg yang wajib dicoba adalah Gudeg Pawon, yang beralamatkan di Jalan Janturan, Umbulharjo, Kota Jogjakarta. Selain gudeg ini sebenarnya ada banyak sekali warung atau restoran gudeg yang bisa ditemukan di Jogja. Tapi, salah satu yang paling kami rekomendasikan adalah Gudeg Pawon, karena memiliki cita rasa unik dengan pembuatan menggunakan tungku asli.

Saking enaknya, warung gudeg yang mulai beroperasi mulai pukul 22.30 ini, sama sekali tidak pernah sepi pengunjung lho. Selain itu mereka juga menawarkan harga yang amat terjangkau bagi semua orang, yakni hanya berkisar mulai Rp 11.000 hingga Rp 24.000 saja!

3.    Mangut Lele Mbah Marto

Bagi siapapun yang menyukai kuliner Jogja tentunya sudah tidak asing bukan dengan Mangut Lele Mbah Marto? Ya, makanan yang satu ini memang merupakan salah satu makanan yang melegenda di Jogjakarta, dan hingga memiliki penggemar yang terus mencarinya.

Saking terkenal akan kenikmatannya, meskipun, Mangut lele mbah Marto ini berada di dalam perkampungan, namun nyatanya banyak yang rela menghampiri tempat makan yang telah berdiri sejak 1960 ini. Mangut Lele sendiri merupakan sebuah hidangan yang dibuat dengan menggunakan santan sangat pedas. Harganya juga sangat murah, yakni Rp 25.000 saja.

Nah, itu dia 4 kuliner Jogjakarta yang wajib untuk dicicipi ketika kamu melakukan wisata kuliner di Jogjakarta.


Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done