Begini Cara Atasi Sakit Magh Yang Ampuh dan Aman - sejalur
News Update
Loading...

Selasa, 10 November 2020

Begini Cara Atasi Sakit Magh Yang Ampuh dan Aman

Cara atasi sakit magh merupakan satu tips yang kerap dicari oleh banyak orang. Pasalnya, gangguan lambung yang satu ini memang merupakan hal yang lazim, dan diderita oleh banyak orang. Magh adalah gangguan yang mudah datang karena gaya hidup, atau pola makan yang tidak benar.

Untuk cara mengatasinya juga cukup beragam, bisa mulai dari memperbaiki gaya hidup yang buruk, memperbaiki pola makan yang tidak baik, atau mengonsumsi berbagai obat-obatan. Akan tetapi, agar cara atasi sakit magh bisa lebih efektif, maka hal ini harus disesuaikan dengan penyebabnya.

Jika menilik dari istilah medisnya, sebenarnya akan diketahui bahwa magh bukanlah sebuah penyakit, akan tetapi gejala yang terjadi akibat adanya gangguan lambung. Biasanya gangguan ini berupa infeksi lambung, GERD, tukak lambung, radang lambung, dan lain sebagainya.



Cara Atasi Sakit Magh Dengan Obat

Sebagaimana yang telah disinggung di atas, bahwa mengatasi sakit magh dapat dilakukan dengan menggunakan berbagai cara. Nah, mula-mula, kami akan menjelaskan bagaimana cara menyembuhkan sakit magh dengan menggunakan obat-obatan yang biasa digunakan oleh pihak medis.

·      Antasida

Hal pertama yang bisa dicoba untuk mengatasi sakit magh adalah Antasida. Antasida memiliki fungsi untuk menetralkan asam lambung, serta mencegah risiko iritasi pada bagian lambung juga kerongkongan. Biasanya Antasida yang kerap digunakan untuk menyembuhkan magh adalah, alumunium hidroksida, simethicone, kalsium karbonat, dan sodium bikarbonat.

·      Proton pump inhibitors (PPI)

Jika antasida bertugas untuk menetralisir asam lambung, PPI memiliki fungsi untuk mengurangi produksi asam lambung. Biasanya obat dengan kandungan ini, amat efektif untuk meringankan berbagai gejala sakit magh, Karena itu, wajar jika obat jenis ini dianggap sebagai salah satu cara atasi magh paling efektif.

·      Antibiotik

Untuk golongan obat yang satu ini, hanya dikhususkan pada penderita sakit magh yang disebabkan oleh bakteri Helicobacter pylori di lambung. Biasanya untuk mengatasi magh karena bakteri ini, ada beberapa jenis obat yang bisa digunakan, yakni clarithomycin, amoxilin, tetracycline, metronidazole, dan tinidazole.

Cara Atasi Sakit Magh Melalui Pola Hidup

Selain dengan mengonsumsi berbagai jenis obat-obatan yang disebutkan di atas. Sakit magh juga dapat diatasi dengan beberapa cara berikut :

·      Mengatur Pola Makan

Cara mengatur pola makan untuk atasi sakit magh adalah, kurangi porsi makan dari biasanya, namun naikan intensitas makan. Jadi, makanlah sedikit, namun sering. Hal penting lain yang harus diperhatikan adalah, jangan langsung berbaring setelah makan, setidak-tidaknya tunggu selama 2 sampai 3 jam.

Sakit magh bisa dipicu oleh makanan asam dan pedas. Karena itu, pastikan untuk menghindari makanan-makanan tersebut apabila tengah terserang sakit magh. Tidak hanya itu, minuman bersoda, bercafein, serta beralkohol, juga dapat memicu sakit magh, karena itu wajib untuk tidak mengonsumsinya selama sakit magh.

·      Mengelola Stres

Harus diketahui bahwa salah satu penyebab magh adalah stress. Karena itu, cara untuk atasi sakit magh yang lain adalah dengan mengontrol stress yang tengah dirasakan. Hal ini bisa dilakukan dengan berbagai cara. Misalnya dengan melakukan hal-hal yang membuat senang, atau dengan cara melakukan konseling pada ahlinya.



Perlu diingat bahwa sakit magh harus ditangani dengan benar, karena jika dibiarkan maka sakit ini bisa menyebabkan kompilasi yang serius. Beberapa kompilasi yang disebabkan oleh magh adalah, luka pada dinding lambung, pendarahan lambung, bahkan hingga kanker lambung.

Karena itu, ketika mengalai sakit magh segara lakukan pertolongan pertama, beberapa caranya dengan mengonsumsi jenis obat-obatan di atas, atau dengan melakukan hal-hal yang telah kami sebutkan. Namun jika sakit masih berkepanjangan, menghubungi dokter adalah cara atasi sakit magh paling tepat.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done