Inilah Berbagai Manfaat Konsumsi Buah dan Sayuran - sejalur
News Update
Loading...

Rabu, 11 November 2020

Inilah Berbagai Manfaat Konsumsi Buah dan Sayuran

Ada banyak manfaat konsumsi buah dan sayur yang bisa Anda rasakan, jika Anda mengonsumsi 2 hal tersebut secara rutin. Salah satu manfaat utama yang bisa dirasakan adalah, tubuh akan terasa lebih prima dan sehat, karena dalam buah dan sayur terdapat banyak serat alami yang dibutuhkan oleh tubuh.

Berdasarkan anjuran dari pihak Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Anda perlu mengonsumsi buah dan sayur sebanyak 400 gram setiap harinya. Hal ini, sebagaimana yang kami lansir dari NHS. Mengonsumsi buah dan sayur sesuai porsi yang dianjurkan oleh WHO, akan dapat mencegah Anda terkena penyakit kronis.



Manfaat Konsumsi Buah dan Sayur Secara Teratur

Sebagaimana yang telah disinggung di atas, bahwa mengonsumsi buah dan sayur, akan memberikan berbagai manfaat untuk tubuh. Bukan hanya membuat tubuh prima, namun juga banyak lagi yang lain. Untuk itu, kami telah merangkum berbagai manfaat yang diberikan oleh buah dan sayur. Silahkan disimak ya!

1.    Menjaga Jantung Tetap Sehat

Jika Anda rajin mengonsumsi buah dan sayur 1 porsi sehari, maka kemungkinan meninggal karena sakit jantung akan menurun sebanyak 4 persen. Hal ini sebagaimana hasil penelitian yang telah dilakukan oleh Havard Shool of Public Health.

Kemudian penelitian lainnya juga dilakukan pada 110.000 orang yang melakukan diet, dengan menggunakan 8 porsi buah serta sayur setiap harinya. Dari hasil penelitian kali ini, ditemukan manfaat konsumsi buah dan sayur adalah menurunkan risiko mengidap penyakit stroke dan jantung hingga 30%.

2.    Menurunkan Tekanan Darah

Manfaat lain dari rajin mengonsumsi buah dan sayur adalah menurunnya tekanan darah. Karena, buah dan sayur memiliki protein sehat, yang telah terbukti mampu menurunkan kadar tekanan darah. Bahkan berdasarkan penelitian yang ada konsumsi buah dan sayur dalam diet juga ampuh menurunkan tekanan darah, karena asupan lemak yang dibatasi.

3.    Mencegah Penyakit Diabetes

Manfaat konsumsi buah dan sayur yang ketiga adalah, bisa terhindar dari penyakit diabetes. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan di Finlandia, rajin mengonsumsi berbagai jenis buah beri-berian, seperti blueberry, rasberi, dan anggur, mampu menurunkan risiko terkena diabetes tipe 2. Tentu ini adalah kabar baik, mengingat betapa tingginya risiko diabetes di tiap-tiap orang.



4.    Melancarkan Pencernaan

Sebagaimana yang telah banyak diketahui, bahwa buah-buahan, banyak mengandung serat-serat alami yang dibutuhkan oleh tubuh. Serat yang dikandung oleh buah dan sayur ini akan mampu menyerap air dan akan mengembang ketika nanti melewati saluran pencernaan.

Selain itu, manfaat konsumsi buah dan sayur lainnya, adalah mampu membantu kelancaran kinerja usus, sehingga mengurangi risiko terkena sembelit. Tidak hanya itu saja, serat tak larut air dari buah dan sayur juga mampu menghindarkan Anda dari diverticulosis, karena minimnya tekanan pada saluran pencernaan.

5.    Membantu Menurunkan Berat Badan

Ada banyak cara untuk menurunkan berat badan, akan tetapi salah satu cara sehat yang bisa Anda coba adalah dengan rajin mengonsumsi buah serta sayur. Buah-buahan yang diyakini dapat  menurunkan berat badan adalah, pir, apel, atau beri-berian. Namun, tetap harus diingat, bahwa tetap harus memenuhi kebutuhan kalori dengan makanan lainnya.

Buah-buahan dan sayur memiliki banyak manfaat yang terkadang tidak kita sadari. Selain yang disebutkan di atas, mengonsumsi buah dan sayur yang mengandung A juga membantu menyehatkan mata. Setelah mengetahui manfaat konsumsi buah dan sayur, jangan malah lagi makan buah dan sayur ya!






Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done